Arya Weda Karna Bersikap ” Desa Adat Diminta Bergerak dan aktif Memberdayakan Truna-Truni demi masa depan bali dimasa yang akan datang”

DPD RI MINTA KEPALA DESA ANGGARKAN DANA SENI BUDAYA UNTUK STT, SENATOR WEDAKARNA MINTA STT DI BALI BANGKIT JADI TAMENG DESA ADAT

Maraknya kasus pelecehan wilayah adat di Bali terutama pawongan dan palemahan oleh kaum pendatang alias dauh tukad (tamiu) akhir – akhir ini membuat Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III kembali mengingatkan generasi muda Hindu khususnya Sekaa Teruna – Teruni (STT) keluar dari zona nyaman. Selama ini STT hanya berkutat dibidang domestik dan terkesan tidak peduli dengan palemahan dan pawongan, dan revolusi mental agar sikap ini dirubah terus digelorakan.
Demikian disampaikan Shri Gusti Wedakarna saat hadir di HUT STT Budhi Dharma di Petang Badung. Tampak hadir pula Bupati Badung, Camat Petang dan pejabat setempat. “Saya minta agar STT mulai bangun (metangi), bangkit dan waspada. Kalianlah seharusnya menjadi Tameng di Desa Adat, bantu menjaga Parahyangan dan dresta adat dengan sikap ksatria. Karena semakin hari kaum Qurawa semakin berani melawan dan menolak adat. Ini tidak bisa dibiarkan. Anak muda harus menjadi tameng adat, harus menjadi pelindung dan pendobrak. Bantu orang tua kita yg sudah sibuk menjaga upacara dan ritual yang tiada habisnya, dan ibu – ibu yang sudah kering air matanya karena terlihat lelah menjaga agar asap dupa mengepul terus di tanah air kita dan bantu petani lingsir yang setia menjaga subak. STT harus keluar dari zona nyaman ! Kurangi bersenang – senang dan jaga desa saat ini juga. Bantu ! “Ungkap Gusti Wedakarna. “Jangan lupa, membangun Badung tidak hanya sekedar menggelontorkan uang kesana kemari. Tetapi pemerintah harus bangun dulu karakter orang Badung, pakai pendekatan Jnana, motivasi, sadarkan dan terdepan. Tidak ada gunanya Badung punya uang Trilyunan tapi jika rakyat belum bangun dan sadar. Bagaikan menggarami air laut. Percuma dan sia – sia. Lihat saja perjuangan I Gusti Ngurah Rai dari Puri Carang Sari. Beliau tidak punya apa – apa selain kejujuran. Sekarang tinggal pilih mau jadi Ngurah Rai atau jadi Pemimpin Badung yang namanya musnah datang pergi dan hilang ? Camkam itu ! . Saya minta STT diseluruh Bali dibangkitkan. Kepala Desa agar bantu anggaran STT. Buatkan acara seni, musik dan olahraga beri kesempatan tampil. Saya mau 100 persen STT bangkit karena kedepan STT ini lah yang akan menghadapi pendatang dan dauh tukad. ” Ungkap Gusti Wedakarna yangg peraih Suara terbanyak diseluruh Badung saat Pemilu DPD RI 2014 lalu. (humas)

image

Ket. Foto – SATYAGRAHA –  Senator RI, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III bersama Giri Prasta ( Bupati Badung ) di Hut Ke – 20 STT Budhi Dharma Banjar Kasianan, Petang.

Tinggalkan komentar